Thursday, 29 May 2008

Hmm..Coffee Maker..Grazie!

Hmm...secangkir kopi susu hangat membantuku mengumpulkan energi saat harus pagi-pagi berangkat kuliah ke Gallenga. Brrr..apalagi saat pertama kali datang pada awal April yang lalu, saat temperatur masih di kisaran 12 derajat. Bangun pagi merupakan hal tersulit dilakukan di
Itali, bila di Indonesia biasa bangun jam 5 atau 5.30 disini..brrrr bangun jam 7 udah termasuk bangun pagi-pagi banget (subuhan disini jam 7.30an bo!). Makanya secangkir kopi hangat akan membantuku mengumpulkan jiwa yang belum menyatu dengan raga hehe.
Dan bagi penikmat kopi..hmm, kopi itali memang terkenal yummy. Dan yang lebih spesial adalah ada yang namanya coffee maker. Beneran, ini yang membuat kopi jauh..jauh..lebih enak. Dulu di indo, bisa buat kopi tubruk atau coffemix yang biasa ada tuh di supermarket dan menikmatinya bila harus begadang ada ujian, atau sebagai teman setiaku saat berkutat dengan komputerku sampai malam. Tapi, setelah mengenal coffee maker itali ini hmm..aku tambah ketagihan. Rasanya yang mantap dan kental benar-benar mampu menggugah semangat deh!

Pertama kali melihat coffee maker khas itali ini pas ada international day di UGM, dan dosenku Signora Laura Romano membuat kopi dengan coffee maker italianya, dan langsung terpesona dengan kemantapan rasa kopi yang dihasilkannya. Dan kini, tiap pagi..(nggak cuman pagi hehe..), siap-siap membuat kopi dengan coffee maker ini. eit Ternyata ada cerita di balik alat ini, seperti yang dipublikasikan oleh Prof. Jeffrey T. Schnapp dalam "The Romance of Caffeine and Aluminum”. Kafein dan alumunium merupakan dua material yang merupakan simbol dari era modernisitas yaitu kecepatan, mobilitas, kekuatan, energi dan elektrisitas. Penggabungan dari dua simbolitas tersebut merupakan gaya hidup baru yang dicari oleh peradaban manusia. Kopi dan alumunium ditemukan pada awal pertengahan abad 19 dan, paham fasis membuat alumunium menjadi logam nasional di Itali pada tahun 1930, dan membawa kedua material ini menjadi satu kesatuan yang mempengaruhi hampir semua rumah di Itali!! ya iyalah..hampir setiap rumah di Itali punya coffee maker. gli italiani alias orang itali memang penggemar berat kopi (kayaknya jarang banget tuh minum teh-kalo mereka minum teh tandanya mereka sedang sakit perut kekekek.). Kayaknya mereka (dan aku juga...) harus berterima kasih pada Alfonso Bialetti yang pada tahun 1993 membuat Alumunium Stovestop coffe maker untuk pertama kalinya. Dan alat ini yang dinamai The Moka Express sekarang ini bisa ditemukan di 90%rumah di Itali.

Alat ini punya tiga bagian, bagian dasar dimana disitu kita harus mengisinya dengan air sampai hampir penuh, kemudian bagian kedua adalah tempat kopi dimasukkan sampai penuh, dan bagian terakhir adalah yang paling atas, tempat air yang kita masukkan di bagian bawah yang setelah mendidih akan naik ke atas menjadi sari kopi yang siap disajikan. Hmm...aku dan teman indonesiaku biasanya menikmatinya dengan ditambah gula dan susu..dijamin tambah mantap. Tapi kebanyakan orang itali, seperti halnya dua orang teman rumahku dari Milan dan Sicilia yang bisanya menikmatinya bener-bener cuman kopi-kopi aja..weeeew..
Hmm..harus siap-siap beli alat bikian Bialletti ini menjelang kepulanganku akhir bulan depan, ingin tetap menikmati spesialitas rasanya walaupun sudah di Indonesia..alih-alih..sebagai pengobat rindu hehehe...





5 comments:

Kyo Soma said...

cappuccino please...

Kyo Soma said...

cappuccino please...

SintesaFiles said...

titip beliin dong.....awas kallo pulang cuma bawa satu!!!!!!!!!!

MARS said...

haha...ntar ta liatin di toko Bialetti di deket rumah ya..aku juga belum beli kok..

PAYUNGPOMOSI said...

Siapa mau beli BEALETTI di Indonesia? call me 021 32100689 Robert

Post a Comment