Selasa, 27 Januari 2009

Fell in Luv With British Accent

Kau lebih suka bahasa inggris aksen Amerika atau aksen British?Uhmm..dulu aku penyuka aksen Amerika yang lebih lugas, jelas dan enak terdengar di telinga. Mungkin itu imbas dari kebiasaan nonton fim-film Hollywood yang pastinya kebanyakan memakai aksen Amerika. Hingga kemampuan oral bahasa Inggisku pun secara tidak sadar mengikuti aksen amerika.

Yah, salah satu cara belajar bahasa inggris dengan menyenangkan adalah dengan nonton film. Bisa menambah kosakata baru, terutama kata-kata informal percakapan, trus bisa menangkap intonasi dan cara pengucapan plus pastinya liat cerita filmnya yang mempesona. Sampai saat ini jurus jitu mengupgrade bahasa inggris dengan cara itu masih ampuh digunakan. Daripada harus menghadapi buku nan tebal berisi rumus-tumus gramatika ataupun latihan-latihan ufff males!

Di tengah usaha untuk kembali mengupgrade bahasa inggrisku, pastinya dalam rangka meningkatkan TOEFL untuk ancang-ancang apply beasiswa lagi, lagi rajin-rajin nonton film baik di TV ataupun nyewa/nebeng/ngopy film ehehe.

Dan..aghhh..i fell in luv with British accent!. Sebenarnya sudah agak lama mulai tertarik dengan aksen Inggris yang agak sengau, intonasinya yang berkelas, dan terdengar seksi di telinga ahaha, tapi akhir-akhir ini bener-bener jatuh cinta!. Pernah melihat Michael Goode di Chasing Liberty?…uhmm…aksen Inggrisnya kental banget. The Golden Compass, The Holidays, Nothing Hill, trus pastinya serial Harry Potter. Ada yang tau film oke lain yang beraksen Inggris?pengen nonton juga!.

Nah, sebenarnya apa sih perbedaan antara American English dan British English?. Bedanya mencakup perbedaan tata bahasa (Grammar), kosakata (Vocabulary), pengucapan (pronunciation) maupun ejaan (spelling)

Ada banyak kata-kata yang beda . Liat aja neh..

British English

American English

Arti

Taxi

Cab / taxi

Taksi

Petrol

Gas / Gasoline

Bensin

Main Road

Highway

Jalan Besar

Underground

Subway

Kereta Bawah Tanah

Pavement

Sidewalk

Trotoar

Subway

Underpass

Jalan melintang di bawah jalain lain

Lorry

Truck

Truk

Car Park

Parking lot

Tempat parkir

University

College

Perguruan Tingi

Secondary school

High School

Sekolah Menengah / Sekolah lanjutan

Autumn

Fall

Musim gugur

Holiday

Vacation

Liburan

Fortnight

Two weeks

Dua minggu

Tap

Faucet

Keran

Rubbish

Garbage / trash

Sampah

Flat

Apartment

Apartemen

Ground floor

First floor

Lantai satu

Lift

Elevator

Lift

Toilet

Restroom

Toilet

Biscuits

Cookies

Kue -kue

Chips

French fries

Kentang goreng

Sweets

Candies

Permen

Trousers

Pants

Celana pendek

Waistcoat

Vest

Rompi

Vest

Undershirt

Kaos yang dipakai sebelum baju

Trainers

Sneakers

Sepatu karet

Motorway

Interstate

Jalan raya antar Negara Bagian


Yah, sebenarnya aku lebih familiar dengan american english sih. Tapi nggak apa-apa juga tahu dikit-dikit british english. yang jelas kesengsem berat sama pronuntiationnya yang sengau-sengau merdu itu ehehe.
Uhmm...keren
Previous Post
Next Post

2 komentar: