Tuesday, 27 December 2011

Boxing Day...yeiiiii Diskon!!!

Hari masih terlalu pagi, dan gelap adalah pasti di pagi musim dingin seperti ini. Tapi, hari ini adalah tanggal 26 Desember yang mungkin membuat banyak orang bangun pagi. Termasuk sahabatku ini, yang jam 7 pagi waktu Nottingham, account skype-nya sudah “menghijau” tanda online.

Gus Ir : Pagi2 OL, mau boxing day ya?aku juga, tapi masih gelap, nggak tau mendung atau cerah
Siwi Mars Wijayanti: ehehe...mendung atau cerah yang penting jadi saksi sejarah
Gus Ir : Apaan sih boxing day, aku sih cuman iseng ikut-ikut doang, daripada bosen
Siwi Mars Wijayanti : tinju2an..ahaha...

Suasana salah satu toko saat boxing day di Glasgow
Begitu  penggalan chat skype kami membicarakan tentang boxing day. Apaan tuh boxing day? Boxing =tinju??ehehe...pertama kali mendengar istilah ini saat ikut pelatihan pre department engilish course di UM Malang dulu, ada dosen yang bercerita tentang pengalamannya ikut boxing day. Jadi setidaknya sudah ada gambaran sebelumnya. Iyap, boxing day itu hari dimana hampir semua toko memberi diskon yang cukup fantantis barang-barangnya, sehingga dipastikan semua orang ingin berbelanja. Yahuii?seems interesting right? Dan pastinya membuat mata berbinar-binar bagi para penggemar belanja?
Aku? Ehehe mungkin sama dengan Gus Ir, niatnya hanya berperan serta sebagai saksi sejarah. Kan setidaknya kalau ditanya soal boxing day, kami-kami yang disekolahkan jauh-jauh ke negeri antah berantah ini bisa bercerita pengalaman kami.
Boxing Day sebenarnya secara tradisional adalah hari setelah hari natal dimana orang-orang kaya di UK memberikan kotak hadiah pada orang-orang yang kekurangan. Namun perkembangan sampai sekarang ini, Boxing day diadakan pada tanggal 26 Desember dimana toko-toko akan menggelar barang dagangannya dengan diskon fantantis! Tradisi ini bisa disaksikan di UK, Australia, Kanada, New Zealand dan beberapa negara Commonwealth.
wajah-wajah kalap diskon ehehe ;p
Dan akhirnya setelah 2 kali ketukan di pintu belum sanggup membuat Puput-flatmate-ku bangun, aku asyik berselancar di internet dan terciptalah tulisan (langung pencet backspace setelah tadi awalnya nulis-terciptalah puisi hihi) yang berjudul “Kamu (Lagi)”. Baru pukul 11-an kami meluncur ke city center tempat banyak toko-toko buka lebih awal dari biasanya menghadapi boxing day. Lalu ketemuanlah dengan si Maya (anak indo juga yang kuliah master di Glasgow Caledonian University), dan kami bertiga mulai menjelajah dari toko ke toko. Orang-orang sudah memadati hampir setiap toko. Hohoho malah jadi bingung belanjanya, kebanyakan orang ehehe. Dan untuk toko-toko branded (hihi maklum cah ndeso, nggak ngerti toko-toko bermerk terkenal) walau sudah didiskon, tetap saja harganya masih terasa setinggi langit, tak terjangkau. Lama-lama pegel juga kaki, menjelajah dari toko ke toko,
            “ Wah mba, kita belum bawa tentengan inih” kata Maya, saat melihat hampir setiap orang yang berjalan melintas, masing-masing membawa tentengan belanjaan baik di tangan kanan maupun kirinya.

Akhirnya menenteng barang belanjaan juga
Dan akhirnya, nemu juga toko yang harganya rada lumayan di kantong, kamipun kalap di New-Look dengan diskonan yang lumayan gedhe, hampir1/3 harga. Dan coat-yang biasanya mahal ampun, kini masih terasa “rasional” harganya. Dan mari pamer barang belanjaan. Kubeli sebuah coat merah paduan strip hitam seharga 10 pounds (aslinya 32.99 pounds). Tadinya rada penasaran, kenapa barang yang sama harganya bisa beda, karena di suatu bagian toko aku menjumpai coat yang seperti itu, hanya didiskon jadi nett 20 pounds. Kok yang di bagian lain bisa jadi 10 pounds ya? Jawabannya kudapat setelah kucobai coat itu di rumah. Ternyata coat yang kubeli itu  ada tulisannya : Age 12-13..ekekek...fiuuuuh, aku sudah menggendut begini di sini masih muat ukuran anak-anak umur 12-13 tahun?aih, syukurlah, jadinya ukurannya tetep pas di badan dan pas pula di kantong. Jadi, salah satu trik belanja adalah, cobain liat di ukuran anak-anak, siapa tahu ukurannya pas dengan kalian, mungkin karena ukuran orang sini jumbo-jumbo ehehe. Begitu pula dengan jaket merah marun, yang secara menggiurkan jadi 8 pounds, itupun untuk usia 12-13 tahun. So, sukses membeli barang bagus dengan harga lumayan murah.
Coat for Age 12-13?? ehehe ;p
Dan ada satu hal yang unik lagi di sini dalam urusan belanja, jangan kaget bila beda warna juga berbeda harganya. Ada warna-warna tertentu yang lebih mahal dari warna yang lain. Contohnya kubeli atasan mirip coat tapi bahannya tidak setebal coat warna merah (waaaah jatuh cinta banget sama baju iniiiii...), harganya dari 29.99 didiskon jadi 10 pounds. Tapi di bagian lain, kulihat yang warna biru tosca dan beberapa warna lain tidak didiskon, harganya tetap sama. Hoho, begitulah uniknya belanja barang-barang di UK. Jadi begitulah kawan, boxing day kali ini lumayan menikmatinya. Walaupun pengeluaran menjadi tak terduga, tapi kupikir tak apa, sebanding dengan barang yang didapat..ehehe.. alesan. Masih inget kata Nares (mahasiswa indo juga) yang dengan kalapnya menghabiskan sekitar 120 pounds dalam sehari,
            “ Eh, bukan masalah elu beli barang itu murah. Tapi liat dulu, itu barang dari harga berapa didiskon jadi berapa, kan goblok banget kalo barang bagus dari harga XX jadi XX tapi nggak dibeli kan bo” katanya diakhiri dengan tawa. Ekekek ada-ada saja dia, busyet di sini co’-malahan lebih gila belanja daripada kami-kami yang perempuan.
            “ Ini tuh buat nyokap, kan bagus tuh kalo sweater panjang ini dipakein jilbab, biar ganti-gantilah modelnya. Trus ini buat nenek gue, pasti deh ntar kalo udah kukasih, nenek gue bakal langsung jalan-jalan shopping pake sweater ini” terang Nares sambil menjereng dan mencobai barang-barang buruannya satu-satu di flatnya. Sedangkan kami (aku, puput, maya, dias) mengamati gaya si “mami” yang jago masak rendang ini, dan langsung bisa menebak bahwa hobi belanjanya adalah hobi genetis. Ehehe beginilah kami-kami ini, mahasiswa indo yang kena boxing day, kena tinjuan diskon ahahaha...


4 comments:

R. Widyaniarti said...

How lucky you are mbak. mupeng ih belanja disono. hehe. btw, salam kenal ya mbak. bausan nyasar kemari nih :)

Siwi Mars said...

hai hai...ayooo main-main kesini.. salam kenal juga..eh ternyata kita udah temenan di FB, baru ngeh..setelah tadi mampir ke blogmu. btw, bagus lho tulisanmu...sukaaaa...

R. Widyaniarti said...

iya emang udah temenan. kalo ga salah inget, aku dulu udah pernah kemari waktu googling soal beasiswa, akhirnya nge add fb mu. nah baru skrg nih mbak sempet baca2 tulisannya :)
aku follow ya mbaaaakk ..

Siwi Mars Wijayanti said...

oh gitu...ehehe..ok ok, thanks ya..aku juga sudah masukin blogmu di bloglistku ....tuuuuh sudah nangkring hihi :)

Post a Comment