Tuesday, 27 December 2011

Moment dan Kartu

Mari bercerita sedikit tentang kebiasaan orang-orang UK yang membuatku salut, salah satunya adalah budaya berkirim kartu yang masih mereka dilakukan. Masih ingat kita dulu, saat-saat ada momen spesial seperti lebaran, banyak kartu-kartu lebaran berbagai bentuk dan desain di mall-mall untuk dikirimkan ke sanak saudara dan handai tolan (btw handai tolan itu artinya apa ya...jadi mikir ;p). Tapi setelah era menjamurnya handphone dan jejaring sosial mulai dari friendster, kemudian booming facebook dan twitter,  maka ucapan-ucapan selamat akan momen-momen spesial sekarang sudah berubah menjadi ucapan lewat sms, lewat wall Facebook, ataupun lewat telepon. Aku pun lupa kapan terakhir kali berkirim kartu lewat pos, saking lamanya. Lalu sekarang ini, kalau kita lihat pusat-pusat perbelanjaan, bagian yang menjual kartu-kartu ucapan sudah semakin menyusut, tidak seperti dulu lagi.
Tapi lain dengan kebiasaan orang-orang UK, walaupun era tehnologi sudah canggih, mereka masih tetap mempertahankan kebiasaan untuk memberikan kartu ucapan. Seperti  kartu ucapan selamat ulang tahun, selamat natal, selamat atas kelahiran buah hati dan sebagainya. Jadi, kalian bisa temukan banyak toko-toko khusus yang menjual kartu ucapan di sini. Biasanya mereka akan menata bagian tokonya dengan kartu ucapan tersebut sesuai dengan momen-nya. Ada bagian yang berisi kartu ucapan tentang ulang tahun, kartu natal..dan lain-lainnya. Jadi bila kalian ini memberikan kartu ucapan, tinggal datang dan pilih ke toko yang khusus menjual kartu ucapan. Tersedia dengan berbagai desain yang menawan hati, tapi eiiit terkadang harganya juga tergolong”mahal”. Semakin detail akan semakin mahal, tapi bila ingin mencari yang murah meriah, carilah kartu ucapan di charity-charity shop seperti british heart foundation, cancer research, ataupun oxfam.
Saat akan liburan natal kemarin, kami sesama anggota lab juga saling memberikan kartu ucapan. Seru dan lucu menurutku. Kami meletakkan kartu tersebut dengan amplop yang tertuliskan nama yang akan diberi kartu di meja kerja masing-masing. Dan akupun mendapatkan kartu ucapan, karena aku tidak merayakan natal, maka mereka memberikan kartu dengan ucapan “Have a Good Time” atau semacam kartu ucapan selamat berlibur. Lucu ya...kutaruh kartu-kartu itu dirak meja kerjaku di lab, ini kartu dari Stephanie dan Melanie...aku sukaaaa...
Kartu Ucapan dari Stephanie (Kiri) dan Melanie (Kanan)

0 comments:

Post a Comment