Friday, 24 February 2012

Telaga Sunyi : Pesona Wisata Banyumas yang Sepi Promosi

“ Jalan-jalan terkadang merupakan cara mujarab untuk menyembuhkan diri, mengusir gundah hati, dan mendekatkan diri pada Gusti ” (Siwi Mars, February 2012)

            Bila seseorang ditanya, kalo di jogya...wisata mana saja yang bisa disambangi? Dengan fasih orang bisa menyebut berbagai tempat, baik wisata alam, wisata budaya, wisata kerajinan sampai wisata kuliner. Tapi bila menyebutkan nama Kabupaten Banyumas ataupun Purwokerto, mungkin hanya satu tempat yang akan disebut orang, Baturaden. Aku yang notabene-nya penghuni kabupaten inipun bingung bila ditanya wisata mana yang patut dikunjungi untuk sekedar memandangi pesona lokal. Maka marilah kuajak kalian jalan-jalan ke Telaga Sunyi, yang terletak sekitar 3 km ke arah timur dari wanawisata Baturaden.
Untuk menjangkau tempat ini sangatlah mudah, bisa dengan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum (angkot) yang bisa langsung sampai ke daerah Baturaden. Yang paling gampang dan menyenangkan tentu saja mbalap pakai motor, sambil memandangi pemandangan sepanjang jalan yang asri dengan udaranya yang masih segar, dengan hijau-hijau landskap yang membuat riang hati. Wisata telaga sunyi ini memang jauh dari hingar bingar promosi, maka tak heran banyak yang tidak tahu tentang wisata telaga ini, padahal letaknya tak begitu jauh dari hotspot, Baturaden.

Sepinya promosi inipun pastinya berimbas dengan sepinya pengunjung, tak banyak wisatawan yang terlihat mengunjungi tempat ini. Pengelolaan kawasan wisata inipun terkesan minimalis, semuanya masih terlihat tanpa sentuhan tangan-tangan kreatif. Padahal sebenarnya telaga sunyi menyimpan pesona alami yang potensial. Memasuki gerbang wisata telaga sunyi, kita hanya membayar tiket seharga Rp. 3000 rupiah, dan bisa segera memarkir sepeda motor di tempat yang dijaga beberapa orang lokal (belum ada parkiran motor hoho). Rindangnya pepohonan hijau membuat suasana adem, cocok untuk jalan-jalan menyembuhkan diri dari segala macam apapun yang membuat “redup” hati. Bisa sambil nongkrong-nongkrong, ataupun memuaskan hasrat narsisme dengan mengambil foto berbackground hijaunya alam telaga sunyi.



Hotspot tempat ini tentu saja si telaga sunyi-nya...untuk menuju tempat ini, kita berjalan kaki melewati jalan setapak, melewati sungai kecil dan akhirnya sampailah di telaga sunyi, yang dilatarbelakangi sebuah curug/air terjun kecil. Suasananya memang cocok untuk “semedi”, berlama-lama duduk di dekat air terjun, dengan kaki direndam di air yang masih segar. Suara rinai air terjun, paduannya dengan alam menghijau, dan udara sejuk yang menentramkan hati mungkin mujarab bagi siapapun yang berniat menyembuhkan diri.
Mungkin tak banyak yang bisa ditawarkan oleh tempat ini, tapi setidaknya kesederhanaan dan keaslian tempat ini mungkin sanggup membekaskan kenangan di hati.
**sempat bertanya dalam hati, bila promosi wisata tempat ini kemudian membuat banyak pengunjung menyambangi telaga sunyi ini, akankah telaga itu tetap sunyi? Hihi **


4 comments:

Gadis Cerdas said...

good blog siwi :)... mampir jg y ke blog aku. www.gadiscerdasmasakini.blogspot.com

sewamobiljogja said...

infonya sangat menarik makasih salam kenal

Siwi Mars Wijayanti said...

terimakasih, salam kenal juga :)

Persada Transport said...

Selamat siang sobat. Infonya sangat menarik sekali, terimakasih banyak. Jika sobat membutuhkan info jasa pembuatan website, rental mobil jogja silahkan hubungi kami ya. 083867621816

Post a Comment