Thursday, 2 April 2015

Cara Mengubah Tampilan Blogspot menjadi Website


Beberapa kali ada yang menanyakan pada saya bagaimana caranya mengubah blogspot ke laman website,nah kali ini saya akan bagikan caranya. Seperti blog saya awalnya beralamatkan di www.marsdreams.blogspot.com, kemudian mulai awal tahun 2015 saya memutuskan untuk membeli domain sendiri dan sekarang berubah menjadi www.siwimars.com.
Sebelum ke detail caranya, apa sih yang membuat saya memutuskan untuk membeli domain sendiri? Hihi alasan awalnya sih simple, keliatan keren aja punya website sendiri ya kan? Semacam personal branding lah ehehe. Kemudian manfaatnya alamat website menjadi lebih singkat karena langsung beralamat .com, ini akan memudahkan siapapun yang akan berkunjung ke blog kita.
Nah gimana sih caranya?
Sebenarnya saya sudah lama pengen pindah ke website pribadi, tapi saya nggak ngerti caranya ahah. Kirain bakalan repot, butuh minta bantuan teknisi khusus-padahal teknisi khusus saya cuma simbah google. Tapi ternyata simple aja kok.  Saya diajari oleh sahabat saya, mbak tara yang kini tengah kuliah di Newcastle. Awalnya saya melihat sharing link-postnya di facebook tentang salah satu tulisan di blognya. Pas saya lihat alamatnya sudah dot.com tapi tampilannya blogspot. Mungkin hasil migrasi dari blogspot ke website. Dan langsung saya todong mbak tara untuk mengajari saya caranya.

1. Beli domain
Nah langkah pertama yang dilakukan adalah membeli domain.com. Saya sharing saja (berdasarkan rekomendasi dari mbak tara) saya membeli domain  di IDwebhost, alamat dan infonya bisa dicek di sini.  So far, mereka sangat helpful selama proses pembelian dan tehnis migrasi, jadi saya bisa bilang recommended lah.
Karena saya sudah punya hosting di blogger, jadi saya cuma beli domain saja. Kalau tidak salah harganya sekitar 100rb/tahun.  Sebelumnya kita cek dulu apakah nama domain kita masih available atau tidak.
Awalnya saya tetap ingin blog saya bernama marsdream karena sudah tujuh tahun ngeblog saya memakai nama itu. Tapi tenyata domain marsdream sudah digunakan oleh orang lain, jadi nggak bisa dipakai lagi. Dan akhirnya saya memakai nama saya di website baru saya—sekalian peronal branding lah-halaah.
Nah cara order-nya ada di tutorial berikut.
2. Custom Blogspot ke Website
Nah setelah melakukan pembayaran, kita akan melakukan custom dari tampilan blogspot ke website. IDwebhost juga menjelaskan langkah-langkahnya kok, ada detailnya di link berikut.
Jangan khawatir kalau bingung dengan langkah-langkah tehnisnya, tinggal chat saja untuk bertanya pada staff customer service. Sistem mereka saya lihat sangat oke, transkrip percakapan juga dikirimkan via email. Mereka juga akan membantu bila kita kesulitan setting, seperti yang pernah saya alami. Rasanya sudah mengikuti petunjuk seperti yang ada di tutorial, tapi kok hasilnya nggak seperti yang tertulis. Begitu saja chat CS-nya dan bertanya, dia mau membantu untuk membereskannya kok.
3. Propagasi
Setelah setelah tahap custom, kita disuruh nunggu propagasi sistemnya sekitar 7-8 jam. Dan setelah itu tampilan blog kita sudah ada dalam tampilan nama domain yang baru. Gampang kan
Tapi yang menjadi konsekuensi dari bergantinya nama domain, blog kita seperti dianggap baru oleh mesin pencari. Kalau yang peduli soal peringkat Alexa dll, dijamin peringkat blog kita akan anjlok  banget. Tapi kalau yang selow seperti saya, nggak masalah sih. Kita bisa melompat lagilah seiring dengan konsisten ngeblog ehehe
Begitu tips singkat bagi yang ingin punya website sendiri, lebih keren dan lebih nyaman seperti rasanya punya rumah sendiri ketimbang numpang.
Semoga bermanfaat 



2 comments:

Fardelyn Hacky said...

Wah, kita beli domain di tempat yang sama brarti, xixiii....
Mbak siwi, saran, sidebarnya pindahin ke kanan aja mbak. Katanya sidebar kiri bisa menurunkan rank.

Siwi Mars said...

hihii template-nya udah begini mbak, gimana caranya mindahin side bar ahaha ganti template lagi yaaa ahah

Post a Comment