Thursday, 12 November 2015

5 tempat yang wajib kamu kunjungi saat ke Glasgow




Sudah lama banget saya tinggal di Glasgow, tapi rasanya saya belum cukup untuk memberikan informasi mengenai kota ini. Trus selama ini saya nulis apaan saja ya? Hehe. Baiklah, kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai 5 tempat yang wajib kamu kunjungi kalau berkesempatan menyambangi Glasgow. Kalau misal stay untuk jangka waktu panjang, jelas kesempatan untuk mengeksplor Glasgow lebih leluasa, namun kalau misal datang ke Glasgow untuk liburan singkat 1-2 hari, pastilah harus memilih tempat-tempat mana yang layak untuk dikunjungi. Nah ini dia 5 tempat “must to see” di Glasgow versi saya.

1. University of Glasgow

source pic : here

Aih, lihatlah indahnya gambar di atas. Maka tak ragu saya menempatkan tempat ini menjadi peringkat pertama. Bukan karena saya mahasiswa University of Glasgow lho ya. Tapi memang tempat ini wajib banget untuk kamu kunjungi deh. Belum ke Glasgow kalau belum mengunjungi dan foto-foto ini tempat ini. Cantik banget bangunan dan arsitekturnya, serasa bernuansa hoghwart-hoghwart gitu deh. Saya sendiri yang sudah sering banget ke sana, rasanya nggak pernah bosen-bosennya ke sana lagi. Entah sudah berapa kali foto-fotoan di sana, soalnya tiap kali ada teman yang liburan ke Glasgow, jelas saya ajak kesana. Saya pernah menulis tentang kampus UoG ini di tulisan ini, silahkan disimak untuk lebih jelasnya ya.
Selain melihat lihat kampus, ataupun mampir ke souvenir shop-nya university, ada juga museum di dalamnya lho, namanya Hunterian Museum. Museum yang didirikan tahun 1807 ini merupakan  museum publik tertua di Scotland yang berisi banyak koleksi koleksi kuno. Dan yang sip lagi, gratis lho untuk bisa masuk ke museum ini. Kalau mau lebih detail ingin melihat informasi mengenai Hunterian museum ini bisa dilihat di sini ya.

2. Kelvingrove Art Gallery and Museum

Foto : Koleksi Pribadi

Museum ini cantik sekali, suka banget penampakannya dari luar. Apalagi letaknya yang dekat sekali dengan kampus utama UoG, jadi kamu bisa mengunjungi dua tempat ini sekaligus. Dan lagi-lagi gratis pula untuk mengunjungi musium super keren ini. Baik hati kan ya Glasgow, museum-museumnya kebanyakan gratis. Paling-paling disediakan tempat donasi yang kamu bisa memberikan donasi berapa saja kalau ingin menyumbang. Museum ini luas banget, kalau mau detail lihat satu-satu bisa habis waktu seharian ehehe. Rasanya saya yang berkali-kali ke situ belum juga khatam mengamati satu per satu ruangan dan koleksi yang ada di museum tersebut. Informasi waktu buka dan info lebih lanjut bisa kalian cek di sini

3. Necropolis

Foto koleksi pribadi

Nah, untuk yang satu ini saya pun tak ragu untuk memasukkan ke dalam list. Necropolis, kuburan di atas bukit yang bisa jadi tempat wisata yang apik. Kuburan nampaknya memberikan kesan yang seram ya, tapi tidak halnya di sini. Kalian bisa menikmati suasana abad pertengahan di tempat ini plus juga bisa melihat Glasgow dari atas, cantik banget deh. Letaknya di daerah city centre, dekat dengan Glasgow katedral dan St Mungo Museum of religious life and art. Nah, kawasan ini sepaket deh kalau mau jalan ke sana. Bisa tiga tempat sekaligus saling berdekatan, pas banget. Museum St. Mungo-nya juga menarik banget buat dikunjungi. Kalian bisa menemukan banyak koleksi dan pelajaran tentang berbagai agama di sana. Again, it's free entry!
Kalian bisa cek-cek info lengkap tentang St Mungo museum di sini.
4. George Square
 
source pic : here

 Ini landmark-nya kota Glasgow, George Square. Saat ini george square diperuntukkan untuk kantor City Council. Di tempat ini biasanya warga Glasgow bisa berkumpul, duduk duduk membaca, ataupun kadang dijadikan tempat acara-acara. Di lapangan yang dibangun tahun 1781 ini ada patung orang-orang penting seperti James Watt, Robert Burns, Sir Walter Scott dll. Nggak istimewa banget sih, tapi karena ini landmark-nya Glasgow, kayaknya nggak komplit kunjungan kamu kalau tidak ke sini. Letaknya persis di city centre, jadi kalian bisa sekalian jalan-jalan di sekitar city centre untuk sekedar sight seeing, beli souvenir ataupun cari tempat makan hehe.

5.Glasgow Green
Foto koleksi Pribadi

Untuk peringkat kelima, saya agak bingung untuk memasukkan list yang mana ahah. Soalnya setelah keempat tempat di atas, rasanya setelahnya hampir-hampir sama peringkatnya. Tergantung kalian pengen wisata yang seperti apa. Tapi rasanya Glasgow green ini layak untuk kalian pertimbangkan untuk dikunjungi. Tempatnya gampang dijangkau, cukup jalan saja dari city centre. Cukup lengkap mewakili kalau kalian ingin wisata alam dan historis sekaligus. Apalagi kalau pas musim semi atau musim gugur, pemandangan di sekitar Glasgow green pasti cantik. Kalian bisa mampir ke museum kecilnya di dalam untuk melihat lihat sejarah Glasgow, ataupun kalau jenuh dengan museum kalian bisa duduk-duduk menikmati pemandangan.

Nah itu dia kelima tempat yang wajib kamu kunjungi kala ke Glasgow. Sebenarnya daftar di atas adalah tempat-tempat mainstream turis. Ada banyak tempat lain lagi yang juga menarik untuk dikunjungi. Taman-tamannya Glasgow juga cantik-cantik, tersebar di seluruh penjuru Glasgow, atau kalau kalian penggemar sepakbola, juga bisa mengunjungi stadion Glasgow Celtic ataupun juga markasnya Glasgow Rangers. Museum lainnya juga nggak kalah banyak dan menarik seperti GOMA (Glasgow of Modern Art), Riverside Museum (museum transport), Glasgow Science Centre, dan lain lain. Glasgow banyak sekali menawarkan pilihan tempat yang patut kalian kunjungi. Dan awas, hati-hati. Kalian bisa jatuh cinta dengan mudah pada kota ini!

Glasgow, 12 November 2015.


 

6 comments:

Nur Mumtahana said...

Kapan yang bisa bertandang ke Glasgow ???

Siwi Mars said...

semoga bisa mengunjungi Glasgow suatu saat ya :)

Ery Sadewa said...

Kampus ny awesome bgtt.. Tp Itu diglasgow ya mba, kl Refrensi 5 tmpt di gombong ? :)

Arian Sahidi said...

saya minta lima tempat favorit kalo di Kebumen, dong, *dijitak

Siwi Mars said...

@Ery +Arian : ahaha kalau di gombong atau kebumen, taunya 5 tempat makan favorit!! hahah...

Ery Sadewa said...

Hhaha.. Ketauan kl di gombong g ada wisata ny.. *pissss.. Hehe.. Kl mau ke smg ku ajak ke 5wisata di sini.. Hehe

Post a Comment