Minggu, 29 Juli 2012

Jalan-Jalan Sore

Kelvingrove Art Gallery and Museum
Sabtu yang santai, diawali dengan ngobrol online denganmu walau belum cuci muka ehehe..lalu beres-beres kamar dan kemudian membuka message di Facebook dari mba Adrianti, salah seorang rekan di Glasgow yang juga mengambil PhD di Stratclyde Uni menanyakan apakah pesanannya (ragi tempe) sudah dibawakan. Sambung bersambung ngobrol dengan beliau di inbox Fb, akhirnya janjian jam 2 siang di BBC Scotland sekalian nonton opening ceremony Olimpiade di London dengan tehnologi pertelevisian terbaru yang diberi label Super Hi-Vision, kebetulan mba adrianti punya tiket berlebih satu. Aih, sip lah. Lalu bersiaplah saya jalan-jalan, iyaps jalan kaki. Jauh juga sih sebenarnya, dan juga jalannya saya cari di google  maps ahaha. Dulu pernah mengunjungi Exhibitionnya Glasgow bareng Wina dari Itali, seingatku BBC Glasgow letakknya tidak jauh dari situ, karena bangunannya tinggi dan tulisan BBC Scotlandnya terlihat. Humm susahnya disini, jalur bus-pun sangat terbatas ke lokasi tertentu, yah contohnya saja untuk ke arah BBC Scotland hanya ada jalur 100, dan itupun lewat city centre, huaah bolak balik dong. Dan enggak ada angkot, becak atau ojek, adanya cuman taksi yang mahalnya selangit ehehe..so, mendingan jalan kaki saja sambil berolahraga.
Maka bersiaplah saja dengan rok batik, tanpa jaket..yeaaah kan katanya summer ahaha. Lumayan juga cuaca sekarang ini, dibandingkan dengan saat aku meninggalkan Glasgow medio Februari lalu. Langit biru jadi semakin sering terlihat, dan siangnya jauh lebih lama. Dulu jam 8 pagi saja masih gelap, sekarang jam 5.30 sudah mulai terang sampai agak menggelap jam 9.30 malam. Dan yeaah, pastilah kami disini mengalami puasa lebih panjang daripada di Indonesia. Imsak pukul 3 pagi dan buka puasa pukul 9.30 malam. Seru kan ehehe..
Berbekal oret-oretan di kertas, mulailah jalan-jalan ditemani si angry bird merah—si mp3 yang mengalunkan deretan lagu-lagu di telinga. Cuacanya lumayan cerah jadi menyenangkan untuk jalan-jalan. Aku melewati CVR (Center of Virus Research) tempatku biasa nge-lab setiap hari kerja, lalu melewati Kelvongrove Art and museum. Humm selain bangunan utama Uni Glasgow, bangunan museum Kelvingrove ini salah satu bangunan favoritku. Aih, begitu menawan, hingga tak bisa menahan godaan untuk berpose berlatar belakang bangunan cantik ini. Walau sendirian, aku tak kehilangan akal untuk sekedar bernarsis ria..yeaaah self timer mode ON. Walau di dekatnya ada bus stop yang ada beberapa orang yang menunggu bus berikutnya, ah toh tak kenaaal...nekad sajaaaah. Dan dengan sekali jepretan tadaaaa...jadilah foto ini hihi...

Self timer euuy..

Beberapa kali juga kameraku mengarahkan lensanya mengabadikan bangunan yang membuatku jatuh hati itu. Lalu saat persis di depan Kelvingrove, banyak turis-turis yang tengah berfoto di depan kelvingrove, maka aku minta tolong pada seorang ibu-ibu untuk memfotokan aku di depan kelvingrove..hihihi..inilah fotoku bersama angrybird merah.

Sebenarnya sudah semenjak lama aku ingin masuk ke dalamnya, tapi belum dapat partner yang kuajak kesana. Kalau sendirian, huaaah susah narsisnya, masa pake self timer muluuuu..ahaha..
Melihat jam tangan (eh masih diset waktu indo), akhirnya melihat jam hp, sudah hampir jam 1.30 lalu segera bergegas melanjutkan langkah lagi mencari jalan menuju BBC Glasgow. Huaaah memang jauh ternyata, agak ngos-ngosan juga, setelah menempuh perjalanan hampir 1 jam (dikurangi berhenti di kelvingrove untuk foto-foto), akhirnya nemu BBC Glasgow juga, dan aaaa akhirnya ketemu dengan mba adrianti dan anak-anak (Hani dan Diya)...huaaah berpelukan. Kami kemudian masuk ke BBC Glasgow. Tak setiap saat BBC buka untuk umum, jadi beruntunglah aku bisa memasuki BBC Glasgow ini. Setelah dikasih tanda berupa gelang ungu (kayak pas mau ke Jatim Pask di Malang sajah), kami menunggu acara di sambil ngobrol sebentar, lalu berkeliling melihat-lihat beberapa sudut yang menarik.
Lihatlah model televisi awal, ultra T22 televisian, hihi lutjuuu yah bentuknya..ini model televisi awal yang mulai diperkenalkan tahun 1938. Dan disitu juga ada beberap model kamera yang digunakan untuk meliput olimpiade dari tahun ke tahun. Ini dia fotonya

Model Televisi Awal, Tahun 1938
Kamera yang dipakai meliput Olimpiade Tokyo 1954
Nah, yang akan kami saksikan ini adalah tehnologi terbaru pertelevisian yang digunakan untuk meliput olimpiade 2012 di London yang bernama Super Hi-Vision. Humm benar-benar peradaban sunggu berkembang dengan kemajuan tehnologi yaah..
lalu kami masuk ke dalam Studio B BBC Glasgow, dan menikmati suguhan tehnologi tinggi Super Hi Vision dengan layar sungguh lebar, seakan kami menonton langsung opening ceremony london Olympicsnya. Humm sungguh menghibur dan sebuah pengalaman yang berharga ehheehe, si akhir pertunjukan kami bertepuk tangan tanda terimakasih atas kesempatannya pada BBC Glasgow. Usai nonton opening ceremony, kami sempet berfoto di Glasgow Science centre (dan belum sempet lihat-lihat masuk)...kapan-kapan deh ehehe.
Akhirnya kami berpisah, aku jalan kaki lagi menuju flat, dan mba ad beserta anak-anak menunggu bus yang akan mengantarkan mereka ke city centre.
Berlatar BBC Scotland/Glasgow

Di depan Glasgow Science Centre
Yeaaah, setidaknya sabtu ini menyenangkan dengan jalan-jalan sore. Walau pulangnya gerimis rintis turun, ah Glasgow cuacamu selalu saja galaaauu :D
Kapan-kapan lagi akan kuceritakan jalan-jalanku berikutnya ehehe...

Kapan jalan-jalan ke wageningen? Ke paris? Itali? Semoga setelah lebaran yaaah. Puasa sampai lebaran ini di sini-sini saja duluuu ehehe

*Sebenarnya postingan ini untuk memastikan padamu aku baik-baik setelah tragedi kemarin hihi, Aku baik-baik saja..dan akan baik-baik saja. Cheers..