Senin, 11 April 2016

Ke Belanda Tanpa Visa? Bagi si Pemegang Paspor Biru Bisa !




Visa seringkali menjadi penghalang untuk bepergian ke negara yang ingin kita tuju. Misalnya saja saya selama studi di UK yang lalu harus apply visa schengen untuk bisa melancong ke eropa daratan. Padahal juga sama-sama di eropa coba..ihiks, sedih kan. Makanya beberapa mahasiswa Indonesia di UK banyak yang mengincar negara-negara yang bebas visa seperti Maroko, Turki (hanya visa on arrival). Eh tapi bisa juga lho ke eropa daratan tanpa visa, untuk negara-negara tertentu yakni Benelux (Belgia, Netherland, Luxemburg) dan Perancis untuk pemegang paspor biru.

Humm siapa sih pemegang paspor biru? Paspor biru biasanya dipunyai oleh orang yang sedang menjalankan tugas negara-nah, saya salah satu pemegang paspor biru karena termasuk menjalankan tugas negara #eaaa yakni studi lanjut ke luar negeri. Karena itulah saya mencobainya desember lalu ke Belanda. Walaupun sudah ada informasi dan browsing sana-sini tentang free visa untuk pemegang paspor biru ke Benelux, tetep aja kok berasa “agak cemas”..ini beneran nggak sih? Atau “jangan-jangan nanti bermasalah”

Dengan budjet yang sangat minimalis, sayapun membeli tiket pesawat Glasgow-Amsterdam. Waktu itu saya berpikir, nggak tau kapan bisa ke eropa lagi..mumpung ada kesempatan, hajar aja deh nekad ke Belanda untuk mengunjungi sahabat baik saya, nuning di Wageningen sebelum saya back for good ke tanah air. Awalnya saya berniat hanya berbekal selembar surat keterangan bebas visa yang saya dapatkan hasil browsing sana sini. Namun ada blog yang menyebutkan kita harus mempunyai surat undangan dari orang yang akan kita tempati selama di Belanda. Si pemilik blog bilang, dua kali ke Belanda menggunakan paspor biru, yang pertama mulus lalu yang kedua rada ribet dengan sempat ditahan diinterogasi petugasnya karena merasa dia perlu visa schengen untuk masuk ke Belanda. Walaupun akhirnya si beliau dilepaskan dan diijinkan masuk ke Belanda. See..pengalaman administrasi di bandara memang untung-untungan bangets. Begitu-begitu yang bikin deg-degan euy..

Akhirnya untuk menambah ayem hati saya, saya meminta sahabat saya untuk membuatkan surat undangan dari gemente (kelurahan) setempat. Prosesnya sih sebentar aja jadi, seingat saya hanya sehari sahabat saya ke gemente dan langsung dikasih surat undangan *dalam bahasa londo, dan saya hanya bisa menebak-nebak apa isinya LOL.
Akhirnya saya menuju ke bandara Glasgow, berbekal tas punggung dan koper kecil yang masuk kabin. Tiket senilai 105 GBP waktu itu harga tiket tanpa bagasi, ya sudahlah yang penting sampai belanda hehe..jadi saya memutuskan untuk tidak membeli jatah bagasi.
Sehari sebelum natal, suasana sudah aura libur panjang. Orang-orang pulang ke keluarga tercinta, atau menghabiskan liburan seperti saya. Biasanya di UK, libur natal merupakan libur terpanjang dalam setahun yakni sekitar 2 minggu.

Setelah melambaikan tangan ke yang mengantarkan saya, saya menuju pemeriksaan awal. Kadang-kadang inilah proses yang melelahkan dari “terbang”, harus melewati sekian proses sebelum akhirnya terbang. Proses pemeriksaan awal dan barang-barang terlewati dengan mulus, saya memang tidak membawa banyak barang. Selain tanpa jatah bagasi, saya hanya berlibur sekitar seminggu di Belanda, cukuplah dengan bawaan minimalis. Setelah tiba di gate yang ditetapkan, saya menunggu waktu boarding. Dan setelah ada pengumuman waktunya boarding, saya ikut mengantri bersama orang-orang lainnya yang nampaknya akan “mudik” natal ke Belanda. Orang-orang di depan saya lancar-lancar saja saat tiket mereka di tap ke semacam mesin boarding. Tapi begitu giliran saja, tiba-tiba nyala merah, berbunyi dan ada tulisan “unable to board”. Glek, kecut hati saya.

Kemudian saya ditangani seorang petugas, dan si mbaknya bertanya apakah saya punya visa schengen ke Belanda.
        “ Untuk paspor biru, tidak perlu visa untuk masuk ke Belanda,” terang saya. Sambil menunjukkan selembar surat keterangan hasil browsing sana sini itu.
            “Kamu butuh visa schengen untuk bisa masuk ke Belanda,” jelas si mbaknya. Errr, masalah nih, batin saya.
            “Tidak, ada kebijakan tertentu antara Pemerintah Indonesia dan pemerintah belanda kalau untuk pemegang paspor biru, kita bisa masuk belanda tanpa visa,” kata saya kalimat mencoba meyakinkan si mbaknya tadi.
Mungkin orang sini nggak ngeh perbedaan antara paspor biasa dengan paspor biru sih.   
Saya menunggu beberapa menit. Si mbaknya masih memeriksa dokumen yang saya sodorkan.
            “Sebentar, saya cari informasinya dulu. ”kata si mbaknya tadi. Kemudian dia tampak menelpon seseorang.
Saya menunggu dengan harap harap cemas. Sekali dia tetap menggelengkan kepala, gagal sudah saya ke Belanda.
Si mbaknya nampak sudah bicara dalam telponnya, kemudian dia menurunkan gagang telponnya dan bertanya pada saya,
            “ Berapa lama akan stay di Belanda?”
            “ 6 hari saja,” jawabku singkat.
            “ Sudah punya tiket return ke Glasgow?”
            “ Iya, saya book dengan KLM juga,” jawab saya lagi. Dan  si mbaknya memeriksa dokumen saya melalui layar komputernya. Nampak dia mengangguk anguk. Dan menutup telponnya.
            “ Oke, kamu bisa terbang karena kamu boleh ke belanda untuk short visit,” begitu bilang si mbaknya yang membuat hati saya legaaaaa. Ternyata beneran itu peraturan!

Akhirnya saya menuju pesawat yang membawa saya ke amsterdam setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam. Dan tak dinyana, proses pemeriksaan di bandara amsterdam sangat gampang. Tadinya saya sudah menyiapkan sebendel surat undangan dari gemente yang telah diiurus nuning itu karena cemas masalah serupa seperti di Glasgow akan terjadi juga di sini. Tapi  kala saya mengulurkan paspor biru saya, si petugas imigrasi bandara Amsterdam itu dengan wajah datar segera menstempel paspor, tanda saya diijinkan untuk masuk ke wilayan negeri nan oranje itu. Sepertinya petugas di Belanda sudah familiar dengan paspor biru-nya Indonesia. Wuhuuuuu akhirnya tiba juga di Belanda. Nah, bagi pemegang paspor biru..bisa loh dimanfaatkan kesempatan untuk ke wilayah benelux tanpa visa. Nggak usah repot ngurus visa..begitu sharing-sharing info jalan-jalan saya, semoga bermanfaat yaah.
Saya sudah kangen jalan-jalan nih hihi..
 
Previous Post
Next Post

42 komentar:

  1. Hi Mbak Siwi,

    Rencananya saya juga pengen ke Belanda bulan depan dari UK dengan paspor dinas. Rada cemas, nih... Udah browsing nyari dokumen utk dibawa saat ditunjukin di airport UK, msh blm dapat juga.

    Boleh dibagi link ke saya, dimana dokumen tersebut bisa saya upload? Atau jika masih ada file nya, boleh minta tolong email ke saya Mbak? Email: vee.bahat@gmail.com (PD banget ya saya ngasih email, ngarep di email hehehe...) Thanks ya...

    BalasHapus
  2. ya ampun mbak, maaf...kenapa komen ini kelewatan saya baca..saya agak off dari blog juga sih. saya email ya mbak, mudah2an belum telat.

    BalasHapus
  3. Mbak, bolehkah saya dikirim via email surat keterangan bebas visa masuk ke Belanda bagi pemegang paspor biru/dinas. Jika boleh mohon bantuannya untuk dikirim ke r3nihon3y@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
  4. sudah saya kirim ya mbak, semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  5. Mbak bolehkah saya juga dikirimin? Romeo.recky@gmail.com

    BalasHapus
  6. Mbak, maafkan...boleh dikirim ulangkah dokumennya? karena sepertinya terhapus di emailnya. dikirim ulang ke renifitrian4@yahoo.com
    Mohon maaf dan terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
  7. sudah saya kirim kembali mbak :)

    BalasHapus
  8. Mbak apakah boleh saya dikirimi surat keterangan bebas visa ke Belanda bagi pemegang passport dinas (biru). mohon dapat dikirim ke iputu.sudiana@gmail.com

    terima kasih banyak

    BalasHapus
  9. halo mbak apa boleh saya dikirim juga file surat keterangan bebas visa untuk paspor biru? ke avzn.bid@gmail.com

    terima kasih

    BalasHapus
  10. Mbak, bolehkah saya dikirim via email surat keterangan bebas visa masuk ke Belanda bagi pemegang paspor biru/dinas. Jika boleh mohon bantuannya untuk dikirim ke akbarsaktio@gmail.com
    Terima kasih banyak mbak sebelumnya...

    BalasHapus
  11. terima kasih banyak ya mbak, kami terima..

    semoga kebaikan mbak, Allah SWT yang membalas..

    Aamiin YRA..

    BalasHapus
  12. mba siwi, saya juga dari UK berencana mau ke belanda, boleh minta tolong dikirimkan mba?
    ke rajasilaban1989@gmail.com

    semoga kebaikan mbak, dibalas Allah SWT..

    Aamiin

    BalasHapus
  13. boleh minta Mbak, kirim ke ido@jembil.com

    BalasHapus
  14. silahkan, sudah saya kirimkan

    BalasHapus
  15. Mbak siwi, mau nanya, aku juga mau ke Londo pake paspor biru. Berapa lama ya batas limitnya? Aku mau stay disana sekitar 20 hari. Mohon balasannya ya mbak... thank youuj...

    BalasHapus
  16. Oh iya mbak, sama surat keterangan bebas visanya ya mbak... mohon bantuannya untuk dapat dikirim ke: armanzona.mailbox@gmail.com.

    Nuhun mbak..

    BalasHapus
  17. batas limitnya 90 hari mas. oke surat keterangannya saya kirimkan

    BalasHapus
  18. Mbak Siwi yang baik,
    maaf turut merepotkan juga. Bolehlah surat keterangannya diemail ke saya juga free2dara@gmail.com

    Terimakasih banyak Mbak,

    Salam
    Milda

    BalasHapus
  19. hallo mbak sy mau juga mb surat keterangan bebas visa untuk pasport dinasny , bisa minta tlg mb kirimkan ke Fey_pol32@yahoo.com
    terimkasih banyak

    BalasHapus
  20. sudah saya kirimkan juga mbak :)

    BalasHapus
  21. Halo mba, bisa saya diemailkan surat ket bebas visa untuk paspor dinasnya? Email saya iz_kaka@yahoo.com
    Saya memiliki paspor dinas yang masih berlaku, akan tetapi saya tidak sedang dalam masa studi di luar negeri. Apakah paspor dinas saya bisa dipergunakan ke belanda tanpa visa ya? Apakan perlu persyaratan lainnya seperti pengajuan exit permit?
    Terima kasih sebelumnya mba :)

    BalasHapus
  22. baik mbak, akan saya kirimkan. Hummm..mungkin yang menjadi ribet ketika di Bandara Soeta-nya ketika akan berangkat. Kalau pakai paspor biru, pasti akan ditanyakan exit permitnya ya. walaupun sebenarnya ketika di bandara belandanya tidak akan bermasalah baik dengan atau tanpa exit permit. ini hanya asumsi saya sih mbak.

    BalasHapus
  23. Halo mba, bisa saya diemailkan surat ket bebas visa untuk paspor dinasnya? Email saya aprilliyanto.aries@gmail.com...terima kasih

    BalasHapus
  24. Salam Mbak.. bolehkah saya dikirimin juga surat keterangan bebas visanya ke ninukragil@yahoo.com ? Setelah saya browsing cuma dpt daftar negaranya saja.. Terima kasih byk

    BalasHapus
  25. Halo mbal Siwi Mars, minta bisa share surat ket bebas visa ke Belanda untuk paspor dinas. Mohon dapat dikirim ke nofakasa@gmail.com tks mmbk

    BalasHapus
  26. Balasan
    1. Boleh minta di share juga mba siwi ke
      anjar.hyana@gmail.com

      Hapus
  27. Boleh minta di share juga mba siwi ke
    hijrahcondet@gmail.com

    BalasHapus
  28. Terima kasih atas sharingnya.
    Saya ada rencana ke beberapa Negara Eropa dari London ke Vienna ke Budapest, Slovakia dan Prague terakhir balik ke Edinburg. Nah apakah perjalanan tersebut bebas visa juga jika menggunakan paspor dinas?
    Oh iya, apa punya file yang menunjukkan bahwa pasopor dinas bebas untuk Negara-Negara tertentu di Eropa seperti Negara yang saya sebutkan di atas. Jika ada, bolehlah disahring ke a.rama.18@abdn.ac.uk

    Terima kasih

    BalasHapus
  29. Setau saya, kalau ke london, edinburgh kita harus punya visa UK (UNited Kingdom) kemudian untuk negara budapest, slovakia dan prague saya kurang tau apakah bebas visa atau tidak untuk paspor biru.

    BalasHapus
  30. Boleh minta di share juga mba siwi ke
    faridz1987@gmail.com

    BalasHapus