Tuesday, 7 July 2009

Tentang Kembali ke Jogya



Akhir bulan Juni, sudah jauh hari kunanti dengan berbinar dengan menuliskan JOGYA! di kalenderku..yah, saatnya kembali lagi ke kota-ku, Jogyakarta. Kusebutkan kotaku walaupun sebenarnya bukan kota kelahiranku, tapi kota-ku dalam artian kota yang selalu ada di hatiku hihi. Susah rasanya melupakan kota ini, dan entah mengapa mengunjunginya lagi dapat membuncahkan perasaan gembira dalam hati dan satu hal yang paling penting, kembali ke jogya selalu membuatku merasa PULANG.

Memang embel-embel alasan kesana adalah mengikuti seminar internasional One Health One World yang diselenggarakan di Hotel Saphir 26-27 Juni yang lalu, tapi tujuan utama adalah….bernostalgia dan jalan-jalan!!!! Eits tapi urusan kerjaan harus tetap berjalan. Tiba di Hotel Saphir setelah menempuh perjalanan dari purwokerto dengan berangkat jam 3 pagi!weh.weh..padahal pertandingan semifinal Brazil Vs Afrika Selatan saat pertandingan belum lagi usai.

Setelah selesai registrasi ulang..uhmm ternyata mendapat kejutan dengan bertemu dengan seorang kakak angkatan Biologi Unsoed yang sekarang bekerja pada sebuah perusahaan supplier alat dan bahan biologi molekuler. Beuhh..tampak mengkilap saja si bekas “kecengan’nya sahabat dekatku itu. Kemudian segera aku memasuki Borobudur room, ah…sekilas memandang segera bisa kukenali sosok yang begitu familiar. Dengan rambutnya yang sudah sepenuhnya putih, namun tetap dengan senyum ramahnya seperti dulu…kuhampiri dosen pembimbing tesisku, Prof Widya Asmara. Beliau masih bugar seperti dulu walaupun usianya semakin bertambah, terakhir kali menemui beliau 2 tahun yang lalu saat merampungkan tesis dan studi magisterku. “Baiknya bukan main” itulah yang bisa kudeskripsikan mengenai beliau, sungguh merasa beruntung bisa mendapat bimbingan dari beliau. Setelah berbincang sejenak dan tak lupa tujuanku bertemu beliau..(sambil menyelam minum air whihi..) berkonsultasi tentang topik riset untuk rencana studi lanjutku. Ah, lumayan mencerahkan..walaupun masih saja topik risetku belum sepenuhnya mantap kutetapkan.

-lunch time-Hotel Saphir " sudah piring yang ketiga heuhehe, tapi icip2 sana sini kok, nggak banyak2 :)


Seminar internasional tersebut menghadirkan pembicara utama dari prof dari jepang dan korea dan tentu saja semuanya dalam bahasa inggris, ehehe lumayan mengasah inggrisku. Dan yang membanggakan, salah satu pembicara pendukungnya adalah dosen pembimbing II tesisku, Pak Heru Susetya yang mempresentasikan tentang epidemiologi molekuler Lyssa Virus di Indonesia. Uhmm si bapak itu..senang sekali bisa bertemu kembali dengan beliau, yang dulu banyak memberikan ilmu-ilmu tentang analisis genetik (yang sekarang tengah kutulis bukunya berkolaborasi dengan sahabat sepenelitian dulu). Two tumbs up!!! Wah senang berada dalam atmosfer orang-orang pintar ehehe (biar ikut ketularan..).

Kuakhiri seminar dengan mendapat doorprize sebuah buku tentang Biologi Konservasi gara-gara akulah peserta seminar dengan catetan paling banyak dan lengkap selama seminar. Fufufu..ternyata kebiasaan corat coretku membawa berkah, hingga buku nan besar dan tebal itupun bisa kubawa pulang. Acara jalan-jalan, nge-mall, wisata kuliner, berburu buku memang sudah dimulai sejak hari pertama di jogya, seusai seminar langsung tancap gas berjalan-jalan dan baru pulang ke penginapan jam 9 malam. Humm..kaki pegel, badan cape tapi sungguh merasa puas…yeiii. Rasanya mau mencari apa saja…ada di Jogya.

Hari minggu, pagi-pagi sudah tancap gas ke pasar lembah UGM..uhm..uhm...pertama-tama mencari langganan tempat makan dulu, mengganjal perut ehehe...uhmm nyummy..ini nih. Lontong padang dengan lauk rendang yang mak nyusss...eunak pool, plus menikmati keramaian orang berlalu lalang...



- pagi-pagi sudah menikmati lontong padang nyam..nyam..-

l

alu bersama Devi, si partner jalanku dengan melanjutkan jalan menyusuri pasar lembah UGM sampai pegel, kembali ke malioboro, wisata kuliner, belanjaaaa...whoaaa..senengnya...

oh ya masih sempet mampir ke kampus lama, menyusurinya sebentar..bernostalgia sejenak. Kembali lagi setelah hampir dua tahun tidak menjejakkan kaki. Uhmm..tak terasa waktu berjalan, dan hidup terus berlanjut...


-Di depan gedung pasca UGM "merasa kembali"-

7 july'09 8 pm

1 comments:

septarius said...

hemm narsis juga rupanya.. :)

Post a Comment