Wednesday, 31 July 2013

Ayam Goreng Lengkuas dan Buka Puasa Bersama



Kali ini again, postingan dari Dapur Hillhead ehehe. Karena saya mendapat pesanan untuk sumbangan buka puasa kelompok pengajian kami di Glasgow. Iyups, ada dana donatur dari Indonesia Community untuk menyumbang makanan untuk berbuka puasa di SUMSA (Strathclyde University Muslim Students Association Glasgow). Maka dari itu, pengajian kami mengatur bagaimana kami akan menyiapkan makanan buka puasa tersebut. Karena “anak-anak muda”nya tengah sibuk ngerjain disertasi, maka emak-emak Glasgowlah yang lebih banyak turun tangan. Jadi, saya masuk ke group emak-emak dong? Ahaha terserahlah ahaha.
Yang jelas,kali ini saya kebagian masak lauk untuk 50 porsi. Tadinya bingung memilih masak menu apa, karena hanya dikomando dengan bahan dasar ayam. Karena ingin mencirikan menu masakan Indonesia yang berciri rempah, akhirnya saya memilih ayam goreng lengkuas. Mencari bumbu-bumbu rempahnya dapat diperoleh di toko cina. Memang harganya agak lebih mahal sih daripada di Indo. Intinya jangan pakai dikonversi dari poundsterling ke rupiah deh entar nggak jadi masak apa-apa ehehe.
Baiklah, mari kita memasak. Saya siapkan ayam sebanyak 60 potong (yang 10 buat orang flat). Dan memasak untuk porsi banyak memang sedikit repot karena peralatan dapur kami standard masak biasa gaya anak kos-an hihi. Jadi lumayan menyita waktu karena harus beberapa kali rebus. Tapi dapur harus terus mengebul agar masakan siap dikirim ke SUMSA sebelum buka puasa.
Nah untuk menu ayam goreng lengkuas, yang agak sedikit rempong adalah bagian memarut lengkuasnya. Lain-lainnya dijamin cukup ekspres.
Ini dia bahan-bahannya :
1. Ayam yang sudah dipotong-potong sesuai selera
2. 250 gr lengkuas (disesuaikan untuk berapa potongan ayamnya)--diparut
3. Serai
4. Sedikit (1/2 sendok) air asam jawa
5. Daun salam
Sedangkan bumbu yang dihaluskan :
1. 4 siung bawang putih
2. 6 siung bawah merah
3. ½ sendok ketumbar
4. 3 butir kemiri sangrai
5. 1 cm jahe
6. 1 sdt garam
7. ½ sdm gula merah
Nah cara memasaknya sederhana saja kok.
1. Campurkan potongan ayam, serai, daun salam, lengkuas parut, bumbu halus dan air. Lalu rebus dalam api sedang sampai mendidih dan airnya berkurang.
2. Tambahkan sedikit air asam jawa.
3. Setelag ungkepan ayamnya sudah oke, tinggal digoreng sampai berwarna kuning kecoklatan (pokoknya sampai sudah terlihat matang dan menggoda selera deh ehehe)
4. Kemudian goreng juga bumbunya (akan tersisa bumbu lengkuas parutnya dari hasil ungkepan ayam), sampai matang (berwarna kecoklatan).
5. Kemudian sajikan ayam plus taburan bumbu lengkuasnya.

Tadaaaa...ini dia tampilan ayam goreng lengkuas ala saya ;p

Jangan lupa, itu resep di atas untuk sekitar 8 potong ayam. Jadi silahkan sesuaikan dengan seberapa banyak kamu masaknya.
Yeaaah gampang kan. Bisa untuk variasi menu olahan kalau bosen dengan bumbu yang biasa. Nah menjelang berbuka saya dan Ari membawa pesanan ke SUMSA untuk buka bersama. Sampai di sana, ruangan perempuan dan laki-laki dipisah hingga kami berada di ruangan perempuan yang kebanyakan berisi ibu-ibu malaysia dan timur tengah. Tapi juga ada beberapa teman indo yang sudah ada di sana dan menyiapkan menu berbuka hari ini. Yeaah, tepat maghrib kami berbuka bersama-sama dengan menikmati camilan dan minum dulu. Kemudian dilanjut sholat maghrib, dan yang ditunggu-tunggu..makaaaaan. ehehe..
Ini dia foto-foto asal jepret di ruangan khusus perempuan.

Wihiiii mari berbukaaaa

Nyuumm Nyumm..

Ini foto di ruangan laki-laki diambil oleh rekan Indo putra

Fotonya asal jepret karena yang menjepret keburu asik ingin segera mengunyah. Ah, lumayan melelahkan masak dengan porsi yang cukup banyak sodara sodara ehehe. Tapi puas melihat semuanya ludes habis dan semoga menjadi berkah yang berbuka puasa. Kadang memang saya tak bisa menikmati suasana ramadan seperti yang biasa saya rasai di Indonesia. Tapi kita bisa mencipta kebersamaan dan kegembiraan dimana saja. 
Salam cinta dari saya.
  

0 comments:

Post a Comment