Sunday, 26 January 2014

Resep Simpel Tempe Bacem




Huah nulis judulnya sambil malu-malu, sok-sok-an bikin resep, padahal cuma kreasi dari hasil googling resep tempe bacem dengan sedikit penyesuaian sana sini. Hitung-hitung sebagai catatan pribadi, menambah postingan resep dari dapur Hillhead. Sambil memuluskan hobi saya, masak. Minggu ini resep dari dapur Hillhead juga menu sederhana *halaah bilang saja masaknya baru bisa yang sederhana-sederhana ahaha. Kali ini resep olahan tempe, karena saya pecinta tempe. Nah, tempe itu bisa diolah dengan berbagai macam olahan dari tempe goreng, tempe mendoan, kering tempe sampai dibikin tempe bacem. Resep ini sangat simpel dan mudah dibuat.
Bahan-bahannya :
1. Tempe –karena di Glasgow adanya tempe dalam bungkus plastik (itupun import dari wigan hihi), jadi saya pakai tempe bungkus plastik. Padahal lebih enak tempe bungkus daun, bumbunya lebih cepat meresap.
2. Air kelapa –-karena di Glasgow susah didapat, saya menggantinya dengan santan.
3. 100 gr gula merah
4. 2 sendok makan kecap.
5. Lengkuas yang dimemarkan atau digeprek
6. Daun salam
Selain itu, kita juga butuh bumbu-bumbu yang dihaluskan :
1. 6 siung bawang merah
2. 3 siung bawang putih
3. Satu sendok ketumbar
4. Garam
Katanya lebih sip ditambah jintan, tapi saya nggak punya jintan ehehe.
Nah cara memasaknya sebagai berikut :
1. Taruh potongan-potongan tempe, bumbu yang dihaluskan, santan, dan bahan-bahan lainnya ke dalam panci. Air santannya jangan terlalu banyak, dikira-kira sekitar 2-3 cm saja dari permukaan tempe supaya bumbunya kental dan meresap. Nah, cicipi campuran bumbu dan santan (atau air kelapa) apakah sudah pas rasanya atau belum. Tambahkan bumbu yang diperlukan bila terasa kurang mantap.
2. Rebus dalam api sedang, sampai bumbunya meresap dan airnya habis.
3. Goreng tempe hasil rebusan dalam minyak dengan api sedang sampai kecoklatan.
Tadaaa tempe bacem siap disajikan. Simpel kan, namun bisa dijadikan ide variasi menu sehari-hari. Untuk bumbu-bumbunya, nggak usah terpatok berapa siung atau berapa sendok, gunakan kreasi kita untuk menentukan rasa yang menurut kita mantap.
Selamat menikmati tempe bacem, sajian khas Indonesia yang kaya rasa.
Demikian resep simpel dari dapur Hillhead

Glasgow, 27 Januari 2014.

0 comments:

Post a Comment