Sunday, 27 September 2015

Akhirnya Submit!




Nampaknya saya harus berbagi berita bahagia ini, walaupun perjalanan belum usai tapi rasanya penghujung sudah kian mendekat. Kamis tanggal 24 September kemarin saya sudah submit thesis saya, alhamdullillah akhirnya. Tentu saja ada rasa lega luar biasa, walaupun memang belum bisa lega sepenuhnya karena masih menunggu ujian viva voce-ujian doktoral, yang merupakan tahap krusial untuk menentukan apakah saya layak mendapatkan gelar doktor (PhD). Dan tentu saja setelah itu adalah tahap revisi, tergantung berapa waktu yang diberikan untuk revisi thesisnya. Walaupun tahapan masih beberapa langkah, namun rasanya perjalanan sudah hampir sampai di penghujung. Untuk menyelesaikan apa yang telah saya mulai.
Beberapa saat lalu saya iseng membuka kembali folder foto-foto lama saya, dan ternyata baru menyadari kalau saya tiba di Glasgow pertama kali itu tanggal 23 September 2011. Dan saya selesai mengerjakan thesis tanggal 23 September 2015 (submit tanggal 24 karena nunggu binding jadi saja). Kebetulan banget ya persis empat tahun di tanggal yang sama, padahal nggak sengaja. Saya masih ingat pertama kali ke Glasgow, dan perjuangan selama empat tahun lalu. Perjalanan panjang yang tidak mudah tentu saja, tahapan studi yang paling berat yang pernah saya lalui. Dan kebetulan pula, dihadapi di saat-saat yang memang berat sepanjang studi. Well, saya bisa katakan energi saya tidak sepenuhnya dialokasikan ke studi saya.
Pada sekitar tiga bulan menjelang deadline submit, saya pun sebenarnya agak cemas kalau tidak bisa menyelesaikan sesuai deadline. Apalagi karena banyak sekali masalah yang datang bertubi-tubi yang menyita waktu dan energi untuk menyelesaikannya. Alhamdulillah setelah itu saya punya waktu benar-benar untuk semedi total, fokus untuk menulis thesis, dan syukurlah akhirnya selesai dan submit juga. Rekan se lab saya tidak bisa menyelesaikan, kemudian meminta extension 2 bulan. Ah, saya hanya tidak ingin berlarut-larut memikul beban ahaha..jadinya ingin sesegara mungkin menyelesaikan, dan kemudian segera melangkah untuk merancang dan menjalani tahapan hidup selanjutnya.
Sekarang ini lumayan bisa punya waktu untuk berleha-leha sejenak. Sejenak doang, soalnya supervisor saya sudah mengirimkan pesan “ take one day off and then we continue to work on your paper” . Aih, si supervisor saya itu memang gila kerja ehehe. Saya pun sebenarnya sudah harus mulai ancang ancang belajar untuk viva nanti. Nanti dulu lah ya, nikmati dulu kebebasan sejenak. Dengan nulis nulis nggak jelas, baca buku yang nggak ilmiah dan menyenangkan diri sendiri.
Ah, terimakasih pada yang telah membantu saya selama studi. Terutama pasangan saya yang telah mendampingi dan membersamai saya sejak awal studi hingga kini, dan semoga di perjalanan hidup  saya seterusnya. Ada banyak kejadian saat dialah satu-satunya yang saya andalkan untuk berbagi beban. Jauh begini, nggak mungkin saya merepotkan kedua orang tua ataupun membuat mereka khawatir. Saya harus membuat beliau yakin saya baik-baik saja, sehat, studi lancar, keuangan cukup dan bla bla bla yang membuat hati mereka tentram.
Walaupun padahal ahaha..rasanya jatuh bangun dan banyak airmata sepanjang perjalanan ini *ahah drama bangets. Tapi begitulah, saya harus berterimakasih pada pasangan saya yang bersedia membersamai saya dalam kondisi apapun. Menguatkan, memberikan dukungan, bantuan dengan penuh kasih dan cinta.
Dan tentu saja terimakasih pada sahabat sahabat, rekan dan banyak sekali orang yang telah berjasa membantu penyelesaian studi saya. Mohon doanya untuk kelancaran viva saya nanti ya. 

 

4 comments:

Arian Sahidi said...

alhamdulillah. bahagia membaca tulisan ini :)

Siwi Mars said...

tengkiu Arian, dirimu berjasa bantuin ngurusin dokumen2 ke komisi etik yang segambreng itu ahah.. thanks :)

Fardelyn Hacky said...

Alhamdulillah mbak Siwi, akhirnya [hampir] selesai juga ya.
Sayapun juga mau submit juga nih :D
Good luck ya mbaaak

Siwi Mars said...

hehe iyaah alhamdulillah, makasih :) yuhuu mudah-mudahan segera submit mbak

Post a Comment